Teknologi
pendidikan adalah teori dan praktek perancangan, pengembangan,
pemanfaatan, manajemen dan evaluasi terhadap proses-proses dan
sumber-sumber untuk belajar.Sumber daya manusia yang mengelola
pendidikan harus memiliki kemampuan akademis dan profesional handal
untuk mengembangkan dan/atau menerapkan teknologi pendidikan agar
penyelenggaraan pendidikan menjadi lebih berkualitas, efektif, efisien,
dan relevan dengan kebutuhan pembangunan.
Tuntutan peningkatan kualitas, keefektivan,
efisiensi, dan relevansi pendidikan harus sejalan pula dengan adanya
tuntutan peningkatan kualitas dari sumber daya manusia secara
berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan sikap belajar sepanjang hayat
(life long education). Pembentukan sikap dan kemampuan belajar sepanjang
hayat dapat dilakukan melalui pengembangan sistem belajar mandiri,
yaitu belajar yang didorong oleh motivasi diri sendiri.
Untuk memenuhi kebutuhan
akan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademis dan
profesional sesuai tuntutan di atas, maka Program Pascasarjana (S2)
Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Sebelas Maret dirancang dengan
kekhususan teknologipendidikan untuk pengembangan sistem belajar
mandiri. Para lulusan S2 TP Universitas
Sebelas Maret diproyeksikan sebagai sumber daya manusia yang memiliki
kemampuan akademis dan profesional untuk mengembangkan dan/atau
menerapkan teknologi pendidikan ataupun sumber daya manusia yang mampu
mengelola satuan-satuan lembaga pendidikan /pelatihan dengan komitmen
tinggi untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi pendidikan dengan
wawasan pengembangan belajar mandiri. Kemampuan akademis dan profesional
seperti itu sangat penting untuk dikuasai oleh para dosen, widyaiswara,
guru, kepala sekolah, pengawas/penilik, dan para pejabat lain yang
turut bertanggung jawab/terkait dalam pengembangan proses belajar
mengajar di setiap lembaga pendidikan/pelatihan.
Program Pascasarjana (S2) Teknologi
Pendidikan Universitas Sebelas Maret telah disetujui pembukaannya oleh
Dirjen Dikti Depdikbud dengan SK No. 255/DIKTI/Kep/99. Program ini
dibuka mulai Tahun Akademik 1999/2000. Terakreditasi A.
Tujuan Pendidikan
Program Pascasarjana (S2) Teknologi Pendidikan bertujuan untuk
menghasilkan Magister Pendidikan dengan kualifikasi:
- Memiliki wawasan pendidikan secara komprehensif untuk peningkatan kualitas pendidikan.
- Mampu menciptakan strategi-strategi dan produk pembelajaran pada tingkat makro dan mikro dengan pendekatan sistem belajar mandiri.
- Mampu mengembangkan teknologi pendidikan yang secara luas digunakan dalam pembelajaran terutama yang mendorong kemandirian belajar.
- Mampu memanfaatkan proses-proses dan sumber-sumber belajar untuk mendorong kemandirian belajar.
- Mampu mengelola teknologi pendidikan melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan.
- Mampu mengevaluasi proses belajar dan pembelajaran secara adekuat.
- Mampu mengelola satuan lembaga pendidikan/pelatihan.
Visi & Misi
Visi :
Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi di bidang Teknologi Pendidikan yang unggul di tingkat nasional
maupun internasional dengan berlandaskan pada nilai – nilai luhur
budaya nasional.
Misi :
Dalam rangka kepedulian Universitas Sebelas Maret terhadap peningkatan
kualitas sumberdaya manusia yang profesional, maka Program Studi
Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret berupaya
untuk mengimplementasikan hal tersebut dalam bentuk misi Program Studi
Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, sebagai
berikut :
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi Pendidikan yang bermutu tinggi dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu Teknologi Pendidikan yang mampu bersaing di tingkat internasional.
- Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan yang bermutu tinggi melalui penelitian.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknologi Pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar