Minggu, 29 April 2012

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teori dan praktek perancangan, pengembangan, pemanfaatan, manajemen dan evaluasi terhadap proses-proses dan sumber-sumber untuk belajar.Sumber daya manusia yang mengelola pendidikan harus memiliki kemampuan akademis dan profesional handal untuk mengembangkan dan/atau menerapkan teknologi pendidikan agar penyelenggaraan pendidikan menjadi lebih berkualitas, efektif, efisien, dan relevan dengan kebutuhan pembangunan.
     Tuntutan peningkatan kualitas, keefektivan, efisiensi, dan relevansi pendidikan harus sejalan pula dengan adanya tuntutan peningkatan kualitas dari sumber daya manusia secara berkesinambungan. Untuk itu, diperlukan sikap belajar sepanjang hayat (life long education). Pembentukan sikap dan kemampuan belajar sepanjang hayat dapat dilakukan melalui pengembangan sistem belajar mandiri, yaitu belajar yang didorong oleh motivasi diri sendiri.
     Untuk memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademis dan profesional sesuai tuntutan di atas, maka Program Pascasarjana (S2) Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Sebelas Maret dirancang dengan kekhususan teknologipendidikan untuk pengembangan sistem belajar mandiri. Para lulusan S2 TP Universitas Sebelas Maret diproyeksikan sebagai sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademis dan profesional untuk mengembangkan dan/atau menerapkan teknologi pendidikan ataupun sumber daya manusia yang mampu mengelola satuan-satuan lembaga pendidikan /pelatihan dengan komitmen tinggi untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi pendidikan dengan wawasan pengembangan belajar mandiri. Kemampuan akademis dan profesional seperti itu sangat penting untuk dikuasai oleh para dosen, widyaiswara, guru, kepala sekolah, pengawas/penilik, dan para pejabat lain yang turut bertanggung jawab/terkait dalam pengembangan proses belajar mengajar di setiap lembaga pendidikan/pelatihan.
Program Pascasarjana (S2) Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret telah disetujui pembukaannya oleh Dirjen Dikti Depdikbud dengan SK No. 255/DIKTI/Kep/99. Program ini dibuka mulai Tahun Akademik 1999/2000. Terakreditasi A.

Tujuan Pendidikan

       Program Pascasarjana (S2) Teknologi Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan Magister Pendidikan dengan kualifikasi:
  1. Memiliki wawasan pendidikan secara komprehensif untuk peningkatan kualitas pendidikan.
  2. Mampu menciptakan strategi-strategi dan produk pembelajaran pada tingkat makro dan mikro dengan pendekatan sistem belajar mandiri.
  3. Mampu mengembangkan teknologi pendidikan yang secara luas digunakan dalam pembelajaran terutama yang mendorong kemandirian belajar.
  4. Mampu memanfaatkan proses-proses dan sumber-sumber belajar untuk mendorong kemandirian belajar.
  5. Mampu mengelola teknologi pendidikan melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan.
  6. Mampu mengevaluasi proses belajar dan pembelajaran secara adekuat.
  7.  Mampu mengelola satuan lembaga pendidikan/pelatihan.

Visi & Misi

Visi :
      Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknologi Pendidikan yang unggul di tingkat nasional maupun internasional  dengan berlandaskan pada nilai – nilai luhur budaya nasional.
Misi :
     Dalam rangka kepedulian Universitas Sebelas Maret terhadap peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang profesional,  maka Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret berupaya untuk mengimplementasikan hal tersebut dalam bentuk misi Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, sebagai berikut :
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang  Teknologi Pendidikan yang bermutu tinggi dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi ilmu Teknologi Pendidikan yang mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan yang bermutu tinggi melalui penelitian.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknologi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar